Cara Mengirim Sepeda Motor Lewat Jasa Angkutan Kereta Api

Bagaimana cara kirim sepeda motor lewat kereta api? Ternyata mudah kok, apalagi PT Kereta Api Logistik (KALOG) sudah menyediakan layanan khusus pengiriman sepeda motor dengan harga murah dan aman sampai ke tujuan.

Lantas berapa harga kirim motor via kereta api? Inilah yang sering ditanyakan konsumen ketika ingin memakai jasa dari Kalog. Tujuannya, agar konsumen bisa memastikan berapa biaya kirim yang harus dikeluarkan.

image: cekcargo.com

Namun perlu kamu ketahui, sebenarnya biaya kirim motor itu tidak hanya ongkir saja, tapi ada biaya tambahan seperti ongkos jasa packing, asuransi, dan lain sebagainya. Selain itu cara pengirimannya juga perlu kamu pahami.

Nah, buat kamu yang mau tahu cara kirim motor lewat jasa angkutan kereta api, serta informasi biaya ongkirnya. Berikut sudah kami siapkan ulasannya, simak yuk!

Cara Kirim Sepeda Motor Lewat Kereta Api

Pengguna jasa ekspedisi kereta api bisa melakukan pengiriman motor dengan mudah dan cepat. Caranya, langsung saja ikuti langkah-langkah simpel berikut ini:

  1. Langkah pertama, siapkan kendaraan sepeda motor yang akan kamu kirim.
  2. Siapkan persyaratan dokumen sepeda motor, seperti STNK, KTP, BPKB dan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengiriman.
  3. Isi tangki bahan bakar motor sedikit saja, minimal cukup untuk perjalanan ke stasiun kereta api.
  4. Cek tarif ongkir terlebih dahulu agar kamu tahu besaran biaya pengiriman berdasarkan jenis motor dan jarak tujuan.
  5. Kunjungi stasiun kereta api terdekat untuk mengirimkan sepeda motor yang sudah kamu siapkan.
  6. Serahkan sepeda motor beserta dokumen yang diminta oleh petugas Kalog di stasiun.
  7. Jika sudah, selesaikan pembayaran dan kamu akan mendapatkan struk bukti pengiriman sepeda motor. Dalam truk inilah terdapat no resi yang bisa kamu pakai untuk melacak status dan keberadaan posisi paket motor kamu.
  8. Selesai dan tunggu sepeda motor sampai ke tujuan.

Tarif Harga Kirim Motor Via Kereta Api

Ongkir pengiriman sepeda motor melalui kereta api itu harganya bervariasi. Tergantung pada jenis sepeda motor, jarak kirim, dan berat paket.

Sementara Kalog sendiri membedakan jenis pengiriman sepeda motor ada tiga, yakni Sepeda Motor Bebek, Sepeda Motor Laki, dan Sepeda Motor Besar/Sport. Masing-masing dari jenis sepeda motor tersebut tentu tarif harganya berbeda.

Sebagai contoh, tarif pengiriman motor dari Jakarta ke Surabaya dari ketiga jenis motor tersebut adalah:

  • Motor bebek : Rp 472,500
  • Motor laki : Rp 1,224,300
  • Motor besar/sport : Rp 1,499,900

Untuk lebih jelasnya, inilah ringkasan daftar harga kirim motor via kereta tujuan beberapa kota di Indonesia.

Kota AsalKota TujuanMotor BebekMotor LakiMotor Besar/Sport
BandungSemarangRp 661,500Rp 808,500Rp 990,500
DepokBanyuwangiRp 1,719,900Rp 2,102,100Rp 2,575,300
JakartaCirebonRp 567,000Rp 693,000Rp 849,000
JakartaSurabayaRp 1,001,700Rp 1,224,300Rp 1,499,900
JemberYogyakartaRP 661,500Rp 808,500Rp 990,500
KediriBlitarRp 378,000Rp 462,000Rp 566,000

FAQ

Berapa biaya Kirim sepeda motor Lewat kereta api?
Tarif ongkir motor bebek menggunakan jasa kereta api, biayanya mulai dari harga 300 ribuan sampai 1 jutaan, tergantung jarak kirim. Sedangkan motor laki dan moge lebih mahal daripada motor bebek, dengan selisih harga antara 100-600 ribu.

Kirim motor pake apa?
Selain menggunakan jasa ekspedisi kereta api (Kalog), kamu juga bisa mengirim sepeda motor lewat Indah Cargo Logistik, Pos Indonesia, JNE Trucking (JTR), TIKI, dan ekspedisi jasa penyedia kirim motor lainnya.

Berapa lama pengiriman motor kalog?
Estimasi lama waktu kirim motor lewat Kalog bisa 1-2 hari sampai. Kecepatan pengiriman tentu tergantung dari jarak antara lokasi si pengirim dan penerima paket motor, serta kondisi medan yang dilalui ketika proses pengiriman.

Apakah bisa kirim motor lewat pos?
Iya, Pos Indonesia menyediakan layanan kirim sepeda motor buat pelanggannya. Selain tarif ongkir terjangkau, jangkauan pengiriman luas hingga seluruh Indonesia. Adapun jenis motor yang bisa kamu kirimkan via POS antara lain, motor bebek, matic, sport, dan vespa.

Demikian cara mengirim sepeda motor lewat kereta api lengkap dengan tanya jawab seputar pengiriman motor. Sekian info kirim motor dari kami dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba.



Artikel KALOG KAI Logistik KALOG Kirim Motor